Selamat Datang

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak diantara 5º50`- 7º50` Lintang Selatan dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Datang dan nikmati keindahan alam Jawa Barat!



Berita
Nasi Jamblang
02-03-2021 Disparbud 8 baca

Sampurasun baraya

Makanan khas Cirebon ini penyajiannya cukup unik. Yang menjadi ciri khasnya adalah nasi yang dibungkus menggunakan daun jati sehingga menghasilkan aroma yang khas dan kualitas nasi tetap terjaga pulen. Baraya juga bisa memilih beragam lauk pelengkapnya seperti balakutak, perkedel, dan semur daging.

Kalau berwisata ke Cirebon jangan lupa cicipi Nasi Jamblang ya baraya.

Sumber informasi: www.disparbud.jabarprov.go.id
Sumbe foto: cirebonarzatour.com
selengkapnya
Kampung Wisata Rotan Galmantro
01-03-2021 Disparbud 14 baca

Produk dari Kampung Wisata Rotan Galmantro memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, yaitu warna-warna menarik dan juga bahan yang terbilang awet.?
?
Kualitas itu menjadi modal keberhasilan penjualan Rotan Galmantro yang bisa menembus pasar internasional. ?
???
Jika suatu saat nanti kita dapat berwisata ke Kampung Wisata Rotan Galmantro, ada banyak pengalaman seru yang akan didapatkan. Soalnya, wisatawan tidak hanya diperlihatkan produk rotan yang sudah jadi , tetapi juga dapat melihat proses pembuatan dari bahan mentah sampai produk jadi yang siap untuk dipasarkan.?
selengkapnya
Kadisparbud Jabar Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembuatan Lagu Smiling West Java
01-03-2021 Disparbud 11 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ bertemu dengan Musikus dan Komponis @dharmawan_dwiki_official di Ruang Gallery Disparbud, Sabtu 27 Februari 2021.

Agenda pertemuan kali ini dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama pembuatan lagu Smiling West Java melalui Annas Anugrah Poerana selaku Kepala Seksi Promosi Mancanegara Disparbud Jabar.
selengkapnya
Disparbud Gelar Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi/Daya Tarik Wisata Tirta
01-03-2021 Disparbud 12 baca

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar 'Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi/Daya Tarik Wisata Tirta' di Hotel Hemangini, Bandung, 23-26 Februari 2021. Selama empat hari, sebanyak 40 peserta diberi arahan dan wawasan dari LPK Edutama.

Saat membuka kegiatan, Aris Dwi Subiantoro selaku Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Jabar yang mewakili Kadisparbud Jabar menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan meningkatkan pelayanan pada daya tarik wisata tirta. Dengan menerapkan protokol kesehatan, diharapkan kondisi pariwisata di Jawa Barat bisa kembali pulih.
selengkapnya
Percandian Batujaya
01-03-2021 Disparbud 6 baca

Dari sisi arkeologi, Percandian Batujaya merupakan temuan yang cukup unik dan langka. Kawasan Percandian Batujaya berada di wilayah Desa Segaran Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. Kawasan tersebut merupakan bukti tertua dari budaya klasik yang ada di Nusantara.

Nah, inilah nilai penting yang perlu kita lestarikan, baraya. Karena kawasan ini tidak hanya memiliki nilai arkeologi, namun juga nilai pengetahuan tentang sejarah sosial masyarakat masa lalu yang pernah terjadi di tatar sunda pada masa Hindu Budha kala itu.
selengkapnya
Jawa Barat Miliki Program Parekraf yang Berpeluang Masuk ke Pasar Modal
01-03-2021 Disparbud 7 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ menghadiri kegiatan Bincang Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Direktorat Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Pullman Bandung Grand Central, Kamis 25 Februari 2021.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifah Makarim menyampaikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah memberi wawasan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat memanfaatkan pasar modal sebagai salah satu alternatif sumber pembiayaan. Ia meyakini bahwa Jawa Barat memiliki banyak potensi yang dapat diangkat ke pasar modal.
selengkapnya