Berita
Pesona Objek Wisata Alam Tebing Keraton yang Memukau


Print


BANDUNG - Letak geografis Bandung yang dikelilingi pegunungan membuatnya populer sebagai kawasan wisata alam di Indonesia.

Karena Bandung memiliki pemandangan alam yang indah dan memukau.Di samping memiliki pemandangan yang indah, Bandung juga punya banyak sekali tempat wisata alam yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya itu, beberapa dari tempat wisata alam di Bandung, membuat nama Indonesia terkenal di penjuru dunia. Satu di antaranya yang menjadi sorotan adalah kawasan Dago Pakar Bandung.

Objek wisata alam yang terdapat di Dago Pakar di antaranya, Tahura Ir Juanda, Curug Dago, Gua Belanda, dan Gua Jepang. Destinasi wisata alam tersebut, menjadikan Bandung terkenal, bagi turis lokal maupun Internasional.

Selain destinasi wisata tadi, ada juga Tebing Keraton. Wisata Tebing Keraton Dago Bandung adalah salah satu destinasi wisata alam yang saat ini terkenal dan banyak digandrungi kalangan remaja.

Wisata Tebing Keraton sendiri terletak di salah satu tempat wisata Bandung yang lebih dulu populer, yakni Tahura Ir. Juanda. Lokasi tepatnya berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung Utara.

Untuk sampai ke sana, pengunjung bisa menggunakan aneka kendaraan, mulai dari motor hingga mobil. Namun perlu diperhatikan, semakin dekat dengan Wisata Tebing Keraton Dago Bandung.

Akses jalan akan semakin sempit, sehingga perlu kehati-hatian untuk bisa sampai ke lokasi dengan selamat. Wisata Tebing Keraton Dago Bandung ini terletak di daerah perbukitan.

Sehingga, saat Anda menaikinya, Anda akan melihat keindahan perbukitan Bandung yang khas dan memanjakan mata. Selain itu, Anda jug bisa melihat pamandangan Kota Bandung di sebelah barat Tebing Keraton.

Sedangkan di sebelah timur, Anda juga dapat melihat pemandangan kota kecil lembang dan persawahannya.

Bukan Hanya Pemandangan. Objek wisata Tebing keraton tidak hanya menyajikan keindahan alam perbukitan. Konon, untuk waktu-waktu tertentu, Wisata Tebing Keraton Dago Bandung ini juga menyajikan pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang sangat indah.

Di bagian ujung tebingnya, Anda akan menjumpai papin blok dengan kontur yang tidak merata. Adanya paping blok tersebut, menambah keindahan Tebing Keratonnya.

Selain itu, tidak menimbulkan tanah yang becek, saat Anda menuju ujung Tebing keraton. Tak berhenti sampai di situ, sebab di samping semua kelebihan tadi.

Anda akan menikmati hal yang jauh lebih seru lagi di Wisata Tebing Keraton. di antaranya adalah menawara pengawas dan gazebo. Untuk menara pengawasnya, terletak persis di bagian tengah keraton.

Di menara pengawas ini, Anda dapat leluasa melihat keindahan alam di sekitar tebing keraton. Bahkan, bisa mendapatkan pemandangan alam yang lebih tinggi.

Menara pengawas ini terdiri dari dua lantai, namun yang paling favorit adalah lantai duany, karena lebih tinggi. Untuk Anda yang tertarik mencoba menaikinya, harus hati - hati, karena tangganya cukup vertikal.

Lalu untuk gazebonya, sekiranya terdapat enam gazebo yang dibangun di sini. Enam gazebo tersebut, berada tidak jauh dari menara pengawas. Sehingga Anda dapat duduk santai, selepas menikmati pemandangan alam di Tebing Keraton.

Selain Warga Bandung, objek wisata Tebing Keraton juga banya disambangi wisatawan dari luar Bandung, seperti Jakarta. Karena di pelataran parkiran Tebing Keraton, tampak sejumlah kendaraan mobil yang ber-plat B.

Hal ini membuktikan, bahwa objek wisata Tebing Keraton tetap mempesona warga Jakarta pada khususnya. Seperti Hendrawan (34) wisatawan asal Cililitan Jakarta Selatan ini. Hendrawan mengaku, jauh - jauh datang dari Jakarta bersama keluarganya, untuk berwisata ke Bandung, sekalian mampir ke Tebing Keraton.

"Saya datang dari Jakarta, sengaja ke Bandung untuk berwisata, sekalian mengujungi Tebing Keraton yang lagi hits di Bandung," ujar Hendrawan kepada Tribun Jabar, Sabtu (2/9/2017) yang lalu. Menurut Hendrawan, objek wisata Tebing Keraton memang memiliki potensi wisata yang memukau.

"Pemandangan alamnya indah banget, meski matahari sedang terik - teriknya, di atas ini masih terasa sejuk," ujar Hendrawan.

Hendrawan menambahkan, bisa mengunjungi tempat ini, karena libur akhir pekan yang panjang setelah perayaan Idhul Adha kemarin. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata Tebing Keraton, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 12.000 perorang. Sedangkan untuk turis mancanegara, di hargai Rp 52.000 perorang. Objek wisata Tebing Keraton dibuka setiap hari pada pukul 05.00 WIB - 18.00 WIB. (*)
Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2017/09/02/pesona-objek-wisata-alam-tebing-keraton-yang-memukau?page=all



   

Berita Lainnya

Pencinta Burung Siap-siap Ramaikan Taman Sri Baduga, Ada Festival Burung
Pesona Situ Cisamping Pangandaran dan Cerita di Balik Namanya
200 Orang Bersihkan Tahura
Festival Keraton Nusantara XI Genjot Kunjungan Wisatawan ke Cirebon
Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO


Kembali Ke Index Berita