Berita
Kesejukan Air Curug Cimedang Jadi Daya Tarik Wisatawan


Print


Wilayah Jawa Barat dengan topografi pegunungan memang menyajikan potensi wisata alam yang indah. Paduan wisata alam curug di kenal menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah-daerah dengan ciri khas pegunungan. Salah satunya adalah Curug Cimedang di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cimedang ini merupakan bagian dari Gunung Galunggung. Curug Cimedang sendiri merupakan nama curug yang berasal dari nama aliran sungai kecil yang mengalir ke air terjun tersebut. Curug mungil ini hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter saja, walaupun begitu, suasana di lokasi ini sangat sejuk dan teduh karena masih banyak pepohonan.

Selain kondisi airnya yang sangat jernih, curug ini juga memiliki kolam yang lumayan besar sekitar 10 meter lebarnya dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sehingga aman untuk bermain air. Selain itu, di sisi sebelah kiri curug ini dingdingnya berongga seperti mulut goa yang menambah keunikan dari tempat ini.

Sementara itu, untuk akses ke wisata air terjun ini, wisatawan bisa mengarahkan kendaraan dari kota Tasikmalaya ke menuju Alun-Alun Singaparna dengan jarak hanya 11 kilometer. Dari Singaparna, kemudian berputar ke arah Sariwangi, lalu melewati Kampung Malaganti, Malaganti Center atau stasiun pemancar televisi lokal dekat villa.

Kurang lebih 300 meter ke barat ada pertigaan sebelum lapangan bola, lalu ke arah kiri sekitar 700 meter. Di sana ada penambangan pasir. Kemudian, jalan kaki ke arah bawah menuruni jalan tembok, arah Sungai Cimedang, air terjun berada di sebelah barat, setelah itu menyisir sisi sungai sekitar 20 meter dan sampai di Curug Cimedang. Bila via rute Bandung Ciawi bisa belok dari Cisayong masuk jalan Cisinga.
Sumber : http://www.galamedianews.com/pariwisata/164704/kesejukan-air-curug-cimedang-jadi-daya-tarik-wisatawan.html



   

Berita Lainnya

Tahu Gejrot Goyang Lidah Warga Brussel Belgia
Indro Warkop Terpilih Lifetime Achievement Festival Film Bandung 2017
Wayang Ajen: Kolaborasi Memikat Pertunjukan Wayang Kayu dengan Ragam Seni-Multimedia dan Teknologi dalam Promosi Pesona Indonesia melalui seni pertunjukan.
Mandalasari Kembangkan Desa Wisata
Aher Raih Penghargaan Pejabat Peduli Museum


Kembali Ke Index Berita