Artikel Terbaru

Ada Saka Tatal yang Dibuat Sunan Kalijaga di Masjid Agung Cipta Rasa

Menyusuri Kota Cirebon, Anda pasti akan menjumpai Masjid Agung Cipta Rasa. Salah satu masjid tertua yang berada di Kota Udang tersebut.

Masjid ini dibangun pada abad ke-15 pada masa Sunan Gunung Djati.  Masjid bersejarah ini punya banyak kisah, salah satunya tentang tiang yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Tiang tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Dibangun pada 1480, Masjid Agung Cipta Rasa adalah masjid tertua di Kota Cirebon. Disebut juga Masjid Agung Kasepuhan atau Masjid Agung Cirebon, masjid ini dibangun oleh Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Djati. Tak heran, masjid ini adalah salah satu yang paling dikeramatkan warga Cirebon.
selanjutnya ...


Mengenal Lebih Dalam Komunitas Dayak Segandhu Indramayu

Senyum Eran Takmad Diningrat berderai menyambut ramah. Dengan logat khas Indramayu dia mempersilakan para tamu masuk ke dalam pendopo miliknya. Pimpinan Kelompok Masyarakat Dayak Indramayu itu lantas memanggil Wardi, orang kepercayaannya, untuk menceritakan siapa Dayak Hindu Budha Bumi Segandhu Indramayu itu.

Ki Takmad, begitu Eran Takmad Diningrat biasa dipanggil. Nama pria beruban itu memang populer di kalangan Masyarakat Dayak Losarang, Kabupaten Indramayu. Bahkan warga luar--selain anggota kelompok--juga mengenalnya, misalnya warga Desa Krimun, Kecamatan Losarang. Apalagi selama ini keberadaan Masyarakat Dayak yang tinggal di Jalan Pantai Utara itu juga dikenal ramah dan bersahabat dengan warga. Meskipun, mereka ini dikenal ekslusif karena tinggal di selanjutnya ...


Artikel Selengkapnya >>


Data Terbaru