Artikel Terbaru

Ada Niagara di Dekat Gunung Padang Cianjur

CURUG Cikondang dikenal sebagai Niagara mini. Letaknya tak jauh dari Situs Gunung Padang yang sekarang menjadi terkenal itu.
Namun jangan mengira arti Kondang dalam Cikondang berarti terkenal lo. Ci tentu berasal dari kata cai, yang berarti air. Nah, kondang adalah nama sejenis pohon loa atau dalam bahasa Latinnya Ficus subracemosa Blume.
Pohon ini bisa tumbuh setinggi 40 meter dan diameter 1,75 meter. Ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara, biasanya di Jawa tumbuh di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut.
Curug Cikondang berjarak sekitar 37 kilometer arah tenggara dari pusat kota Cianjur. Setidaknya ada dua jalur yang bisa ditempuh dari pusat kota Cianjur untuk selanjutnya ...


Jelajah Geotrek: Menelusuri Aliran Lava Bandung Purba

BANDUNG—Jika Anda menyukai aktivitas hiking sekaligus pecinta geologi, Mata Bumi Jelajah Geotrek pekan ini siap membawa Anda untuk berjalan menelusuri aliran lava 62.000 tahun lalu di kawasan Bandung bagian utara, atau tepatnya pada aliran Ci Mahi.

Dikutip dari Facebook Mata Bumi, Ahli Geografi T. Bachtiar  mengatakan saat meleler di lembah ini dahulu, suhu lavanya mencapai 1200 derajat celcius.

Untuk memenuhi rasa ingin tahu tentang sepenggal sejarah geologi Bandung ini, Mata Bumi kembali mengajak "Jelajah Geotrek" di aliran Ci Mahi hulu, pada Sabtu, 21 Maret 2015.

Di lembah itu peserta Jelajah Geotrek akan belajar tentang lava yang selanjutnya ...


Artikel Selengkapnya >>


Data Terbaru