Artikel Terbaru

Geopark Ciletuh Jadi Tempat Wisata Bertaraf Dunia

INILAHCOM, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan ‎mengembangkan sebuah kawasan Geopark yang berada kurang lebih 30 kilometer dari selatan Pelabuhanratu Sukabumi. Kawasan yang diberi nama taman alam Ciletuh ini akan dijadikan destinasi wisata yang menjanjikan.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar sangat berobsesi mengembangkan seluruh tempat wisata di Jawa Barat. Bahkan, dia berencana untuk mempresentasikan potensi unik batuan tertua di pulau Jawa yang umurnya sekitar 41-60 juta tahun yang lalu itu kepada para kepala negara.

Pria yang akrab disapa Demiz ini akan menyampaikan potensi Geopark Ciletuh pada pada acara peringatan napak tilas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika selanjutnya ...


"Nyangku" Tradisi Nyaangan Laku Masyarakat Panjalu

Nyangku yang mempunyai arti nyaang laku (menerangi prilaku), merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh para keturunan kerajaan Panjalu dan masyarakatnya. Biasanya, tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal lima likur, tujuh likur atau salapan likur. Untuk tahun ini, nyangku digelar tanggal 25 Maulud  atau 29 Rabiul Awal 1436 H.

Tradisi nyangku, pelaksanaannya mirip dengan acara Panjang Jimat yang dilakukan oleh Kasultanan Cirebon setiap tanggal 1 Maulud, maupun acara serupa di Yogyakarta atau Solo. Bedanya, tradisi Nyangku berakhir di komplek makam Prabu Borosngora yang berada di tengah Nusa Gede Situ Panjalu, setelah diarak keliling alun-alun Panjalu dan dimandikan di sana.
 
Salah selanjutnya ...


Artikel Selengkapnya >>


Data Terbaru