Taman Jomblo / Taman Pasupati

14-04-2015 Kota Bandung 24488 baca

Print


Taman Pasupati, atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Jomblo, adalah sebuah taman yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Bandung, Jawa Barat. Taman ini diresmikan oleh Walikota Bandung, RidwanKamil, pada tanggal 4 Januari 2014.

Istilah "Taman Jomblo" dibuat sendiri oleh Ridwan Kamil karena keberadaan tempat duduk di taman tersebut yang berbentuk kubus berukuran kecil warna-warni dan hanya muat untuk satu orang.

Kubus tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat memajang karya seni sesuai dengan tema taman tersebut untuk kalangan anak muda. Meski demikian, di sisi lain dari taman tersebut ada bangku panjang yang melengkung dan bisa ditempati oleh banyak orang. Di bagian belakang Taman Jomblo juga terdapat arena papan luncur (skate board) yang kini menjadi lokasi favorit untuk para pemain skate board di Bandung. Arena papan luncur ini memiliki kelengkapan dengan skala internasional.

Terdapat beberapa komunitas skate board Kota Bandung yang memanfaatkan fasilitas ini dan menamakannya dengan “Mini Skate Park” sehingga kegiatan ini turut menyemarakkan “dunia skate board” di Kota Bandung.

Jika dari arah Jalan Surapati bawah,dengan jelas mata kita akan melihat rangkaian huruf bertuliskan 'Taman Pasupati' berwarna merah putih. Di belakang itulah Taman Jomblo berada. Ada sekitar 60 balok dari beton yang tertata rapi di lahan seluas 25 x 25 meter. Balok ini ada yang tingginya sekitar 70 centimeter, juga ada yang tingginya sekitar 1 meter.
Balok – balok beton ini terlihat menarik karena dicat berwarna - warni. Ada hijau, biru tua, hijau muda, oranye, kuning dan lain - lain. Pada malam hari, balok –balok beton ituakan menyala karena dipasang lampu di bagian bawahnya.
Selain menjadi tempat nongkrongnya anak - anak muda, pada tanggal 22 Februari 2014, taman jomblo di pilih sebagai tempat untuk event peluncuran buku “Bandung From Spaces to Places” karya Galih Sedayu, pegiat fotografi dan tokoh Forum Komunitas Kreatif Bandung (BCCF).
Taman ini menjadi salah satu tempat favorit anak muda Bandung. Biasanya mereka nongkrong siang hari hingga menuju sore, sambil memanfaatkan akses internet gratis dari Pemkot Bandung.


Sumber: -http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Pasupati
             - http://mygetinfo.com/2014/01/taman-jomblo-dan-aneka-taman-tematik-kota-bandung/
 -http://travel.detik.com/read/2014/08/14/074635/2661613/1519/pas-banget-ada-taman-      jomblo-di-bandung
-https://equshay.wordpress.com/category/essays/photography/

 



Objek Wisata Lainnya