Taman Fotografi

14-04-2015 Kota Bandung 24493 baca

Print


Taman Fotografi adalah taman yang disediakan khusus bagi fotografer maupun penikmat fotografi untuk berekspresi melalui lensa kamera dan memanjakan mata lewat retina. Awalnya taman ini bernama Taman Cempaka, tetapi setelah diresmikan namanya berganti menjadi Taman Fotografi.
Taman Fotografi yang terletak di Jalan Taman Cempaka, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Sumur Bandung ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Sabtu, 21 Desember 2013. Pada jam 10.00 wib, secara simbolis pembukaan Taman Fotografi dilaksanakan dengan penandatanganan Wall of Fame oleh semua komunitas dan jejaring fotografi yang hadir.
Selain komunitas dan jejaring fotografi hadir juga Ibu Kenny Dewi Kaniasari (Kabid Pemasaran Disbudpar Kota Bandung), Bapak Eddy Susilo (Kasubdit Pengembangan Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Kemenparekraf). Bapak Bambang Wijanarko (Kasi Kreasi dan Produksi Karya Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Kemenparekraf)
Taman Fotografi memiliki simbol C yang berarti “Cempaka” atau “Camera”. Taman tematik pertama di kota Bandung ini menyediakan enam frame yang terbuat dari besi untuk diisi para fotografer dari berbagai kalangan dan usia untuk memamerkan hasil karyanya. Di dalam taman dengan luas hingga 500 m2 itu juga terdapat tempat duduk untuk bersantai, permainan anak, dan beberapa pohon besar yang bernama “Ki Hujan”. Ditengah-tengah taman terdapat terdapat gardu listrik dan beberapa hasil karya foto yang terpajang.
Untuk menarik minat warga, taman ini dilengkapi oleh fasilitas Wi-Fi, perpustakaan kecil dan pos jaga, di mana selama 24 jam taman akan selalu diperhatikan keamanan dan kenyamanannya.
Taman yang berbentuk segitiga di kawasan rindang pusat Kota Kembang itu direvitalisasi oleh Bank Danamon dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan bugdet hingga Rp 500 juta bagi penanganan lingkungan Kota Bandung.
Taman Fotografi memiliki kegiatan rutin setiap dua bulan sekali. Kegiatannya berupa pemeran foto dari beberapa komunitas. Sementara fotografer bebas mengisi enam frame merah bolak-balik di taman foto ini. Setiap dua bulan pula diganti dengan tema yang berbeda.
Setiap Senin pagi biasanya ada kelas foto gratis yang diselenggarakan Eyeseephoto. Eyeseephoto adalah sebuah komunitas foto yang menyediakan jasa volunteering pengajaran fotografi dengan berbagai teknik di setiap minggunya.

Sumber:
http://djatinangor.com/taman-foto-bandung-taman-untuk-pecinta-fotografi/
http://fotografiindonesia.net/2013/12/23/peresmian-taman-foto-bandung/
http://berita.upi.edu/blog/2014/11/14/jangan-sia-siakan-taman-fotografi-bandung/
http://www.sayangi.com/daerah1/read/6339/bandung-kini-punya-taman-fotografi
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0CDAQFjAC&url=http%3A%2F%2Flintasjabar.com%2F2015%2F02%2Ftaman-fotograficempaka-sarana-outdoor-sajikan-pameran-foto%2F&ei=ycb3VN-cNsyWuASD2IHIBQ&usg=AFQjCNH6Nh8dTszbw8OHoofnO368MYABfg&sig2=bOeVxRSUJKITOOaAs2TxgA
 



Objek Wisata Lainnya