Taman Hewan

14-04-2015 Kota Bandung 24476 baca

Print


Taman Hewan (Pet Park) merupakan taman tematik yang terletak di kawasan Cilaki. Taman dengan seluas 1.000 meter persegi ini disediakan sebagai arena bermain bagi para pecinta hewan  dengan binatang peliharaannya.

Menurut Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetya, pembangunan Taman Hewan ini menelan anggaran sebesar Rp 190 juta  bersumber dari APBD Kota Bandung. Taman ini memang dipersiapkan bagi komunitas atau warga pecinta binatang. "Taman ini tidak mengacu pada satu binatang saja. Kucing, anjing juga bisa. Taman juga tetap dibuat sejuk sehingga tetap bisa dimanfaatkan masyarakat," tuturnya.

Menurut Arief, selama ini banyak warga yang mengeluhkan dan merasa terganggu oleh orang yang membawa hewan peliharaanya ke taman. Karena itu, Pemkot Bandung menyediakan taman khusus hewan yang bisa dikunjungi penyayang binatang jenis apapun.

Taman Hewan memiliki sejumlah fasilitas khusus untuk binatang. Arief menuturkan, di taman tersebut ada jogging track, alat ketangkasan hewan, hingga kandang hewan. Bahkan di taman ini juga disediakan toilet khusus binatang peliharaan. Antisipasi tersebut dilakukan untuk mencegah tercemarnya taman oleh kotoran hewan.

"Nanti itu toiletnya ada dua macam, satu untuk manusia, satu untuk hewan, septic tank-nya juga terpisah dan tidak bercampur dengan aliran sungai di tengah taman. Jadi pemilik hewan tidak boleh membiarkan hewan peliharaannya buang kotoran sembarangan," ungkap Arief.

Untuk pengelolaan, taman tersebut dirawat oleh Diskamtam Kota Bandung dan tidak diserahkan kepada pihak ketiga. Namun ia mempersilakan jika ada komunitas tertentu yang bersedia berkontribusi atau sekadar beraktivitas secara rutin di taman tersebut. Dengan catatan bahwa kebersihan serta ketertiban taman harus dijaga. Sama seperti aturan main di taman kota lainnya, tidak diperbolehkan adanya aktivitas yang bernilai ekonomi.

Sumber:
http://travel.detik.com/read/2014/10/29/144737/2733220/1382/yang-baru-dari-bandung-pet-park-untuk-pecinta-hewan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/302839
http://news.liputan6.com/read/2166060/bandung-kini-punya-taman-untuk-pecinta-binatang
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0CCsQFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.pikiran-rakyat.com%2Fnode%2F302839&ei=siz5VKGEFdGKuAS1sIDwBA&usg=AFQjCNFZbdnO-iGbpDFDa4HZSuwnOtdQLQ&sig2=iN3HXO08Xtq_sZdYFmKSnw
 



Objek Wisata Lainnya