Bandara Nusawiru

28-06-2016 Kabupaten Pangandaran 23318 baca

Print


Bandar Udara Nusawiru adalah bandar udara yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Nusawiru merupakan bandara terdekat ke kawasan wisata Pangandaran. Berjarak sekitar 6 km dari Green Canyon, 12 km dari Pantai Batu Karas, dan 30 km dari Pananjung, Pangandaran. Bandara Nusawiru dibangun dan diresmikan pemerintah provinsi Jawa Barat pada 1996. Pengelolanya berasal dari Dinas Perhubungan Jawa Barat. Di bandara ini maskapai Susi Air melayani penerbangan dari Nusawiru ke Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma), Cilacap (Bandara Tunggul Wulung), dan Bandung (Bandara Husein Sastranegara). Sempat tutup saat reformasi, bandara seluas 50 hektare itu kembali dibuka pada 2004. Setelah itu, sebuah maskapai penerbangan, yaitu Merpati Airlines pernah membuka rute Bandung-Nusawiru dengan jarak tempuh 30 menit. Namun pelayanan angkutan udara itu hanya bertahan sebentar.

BANDARA RESMI PEKAN OLAH RAGA NASIONAL
Bandara Nusawiru di Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran tengah mengalami perbaikan. Nusawiru nantinya akan digunakan sebagai tempat kejuaraan nasional (Kejurnas) olahraga terjun payung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Area parkir pesawat yang telah ada di Bandara Nusawiru saat ini panjangnya 150 meter dan lebar 60 meter. Namun untuk kebutuhan PON harus ada penambahan luas area parkir pesawat. Kemungkinan nanti akan banyak pesawat yang mendarat di Bandara Nusawiru saat berlangsungnya kejuaraan. Kejuaraan terjun payung di Nusawiru dikatakan sangat sesuai. Sebab lalu lintas pesawat di Bandara Nusawiru dapat disesuaikan. Sejauh ini hanya ada satu maskapai penerbangan yang menggunakan Bandara Nusawiru, yakni Susi Air. Selain melayani pernerbangan reguler, Susi Air tersebut juga mengirim kargo berupa udang lobster. Saat ini Nusawiru menjadi pusat pemeliharaan dan training pilot yang diadakan oleh Susi Air. Beberapa sekolah penerbangan lainnya juga mulai melirik Nusawiru untuk dijadikan tempat berlatih, salah satu pertimbangannya karena relatif tidak ada pegunungan di sekitar tempat tersebut.

RENCANA PERLUASAN BANDARA
Selain sebagai bandara yang akan digunakan untuk kegiatan PON, Bandara Nusawiru di Pangandaran, Jawa Barat juga akan ditata ulang sesuai masterplan bandara ke Kementerian Perhubungan, Nusawiru akan dikembangkan sebagai area penerbangan pesawat komersil dan sekolah penerbang. Landasan bandara akan diperpanjang dan diperlebar agar bisa dipakai pesawat berbadan besar seperti jenis Boeing.

 



Objek Wisata Lainnya