Kampung Sampireun

28-07-2016 Kabupaten Garut 23863 baca

Print


Hotel Kampung Sampireun mulai Beroperasi pada bulan Januari 1999 dimana peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya, Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999. Kampung Sampireun merupakan sebuah Resort bernuansa Perkampungan Sunda yang berada di ketinggian ± 1.000 meter diatas permukaan laut. Berlokasi di Kampung Ciparay Desa Sukakarya kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan luas area ± 3,6 hektar termasuk luas Situ Sampireun (1 Hektar) dengan 7 mata airnya.

FASILITAS DAN AKTIVITAS
Kampung Sampireun adalah pilihan yang populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Garut, baik untuk menginap atau hanya transit. Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Sampireun dapat menikmati beberapa kegiatan dan fasilitas seperti sauna, kolam (anak), kolam renang (luar ruangan), olahraga air (tak-bermotor), berjalan di taman.

SUASANA TRADISIONAL KHAS BUMI PRIANGAN

Kampung Sampireun sendiri diambil dari nama Situ yang artinya Danau, dan Sampireun yang dalam bahasa Indonesia berarti Tempat Singgah. Danau ini memiliki sumber mata air yang cukup besar yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah - sawah dan pemandian umum. Di salah satu sudut Kampung Sampireun masih dipertahankan kebun bambu yang menambah nuansa sejuk dan tenang dengan suara gemerisiknya, tanaman pinus yang rindang dan sudut - sudut lainnya ditata dengan yang asri dengan tema “Tropical Gardenlust”. Dengan temperatur yang sangat sejuk antara 12°C - 18.°C, dan konsep  yang   unik  yaitu “Back To Nature” maka Kampung Sampireun menjadi tempat favorit bagi mereka yang berbulan madu dan untuk meluangkan akhir pekan bagi pribadi-pribadi yang membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari di kota besar. Keunikan lainnya dari Kampung Sampireun adalah setiap kamarnya dilengkapi oleh perahu selain karena setiap kamar berada di atas danau, tamu yang menginap dapat menikmati Situ Sampireun ditemani dengan ribuan ikan mas ketika berperahu. Para tamu juga dapat menikmati acara “Calung”, yaitu kesenian tradisional yang dipentaskan setiap sore di deck utama danau. Tidak berhenti disitu saja, selesai jam makan malam aka nada staff Kampung Sampireun yang menggunakan sampan menjajakan minumas tradisional yaitu sekoteng berkeliling danau. Melihat keseluruhan fasilitas yang ditawarkan oleh Kampung Sampireun, maka tidak salah lagi bahwa Kampung Sampireun adalah tujuan yang tepat bagi pasangan untuk menghabiskan waktu bulan madu nya.

sumber : Eriek Nurhikmat



Objek Wisata Lainnya