Masjid Raya Bandung

26-09-2016 Kota Bandung 25434 baca

Print


Masjid Raya Bandung, yang dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung adalah masjid yang menjadi masjid provinsi bagi Jawa Barat. Masjid ini pertama dibangun tahun 1810, dan sejak didirikannya, Masjid Agung telah mengalami delapan kali perombakan pada abad ke-19, kemudian lima kali pada abad 20 sampai akhirnya direnovasi lagi pada tahun 2001 sampai sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda. Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika, pusat Kota Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan. Tak jauh dari masjid ini, di ruas jalan yang sama berdiri megah Gedung Merdeka dan Hotel Preanger, dua bangunan yang begitu lekat dengan sejarah Konferensi Asia - Afrika tahun 1955.

DESAIN INTERIOR DAN ORNAMEN
Interior bangunan dirancang dengan ornamen ukiran Islami yang indah dengan mengutamakan seni budaya Islami tatar sunda. Selain itu Masjid Raya Bandung dilengkapi dengan dua lantai basement yang dibagian atasnya tetap dipertahankan sebagai ruang terbuka untuk publik. Bagian atap masjid diganti dari atap joglo menjadi satu kubah besar pada atap tengah dan kubah lebih kecil pada atap kiri-kanan masjid, sedangkan dinding masjid terbuat dari batu alam. Kini luas tanah keseluruhan masjid adalah 23.448 m² dengan luas bangunan 8.575 m² dan dapat menampung sekitar 13.000 jamaah.

AKTIVITAS WISATA
Setelah diadakan perombakan besar-besaran terhadap halaman depan masjid, saat ini Masjid Raya Bandung menjadi salah satu area favorit bagi warga Bandung untuk mengabiskan waktu, lantai halaman luar masjid atau yang lebih dikenal sebagai alun-alun Bandung disulap menjadi hamparan hijau lapisan rumput sintetis memungkinkan warga untuk bersantai bahkan bermain bola sambil menikmati keindahan arsitektur menara kembar Masjid Raya Bandung. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan panorama Kota Bandung dari menara kembar masjid yang menjulang setinggi 81 meter dengan membayar tiket seharga Rp. 3,000, menara ini dibuka hanya pada hari Sabtu dan Minggu.

oleh Eriek Nurhikmat
 



Objek Wisata Lainnya