Paralayang Batu Dua

30-09-2016 Kabupaten Sumedang 24565 baca

Print


Batu Dua merupakan salah satu lereng bukit yang ada di kawasan Gunung Lingga Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk olahraga Paralayang, Wilayah ini memiliki ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang mempesona. Salah satu keunggulan kawasan Batu Dua ini adalah akses yang mudah dijangkau utamanya dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jadi, peminat yang ingin berkunjung ke Batu Dua tidak perlu repot harus berjalan kaki hanya untuk mencapai lokasinya. Jaraknya juga cukup dekat dengan Jalan Raya Sumedang-Wado, sekitar 4 km. Dari Kota Sumedang jaraknya sekitar 25 km.

GEOGRAFIS
Kawasan Batu Dua dinilai sangat layak dan ideal sebagai lokasi event dunia paralayang.Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata.Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

WISATA PETUALANGAN
Bagi yang menyukai hobi olahraga dirgantara, kawasan Batu Dua merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Arena ini lebih menantang dibandingkan dengan lokasi Kampung Toga, Desa Sukajaya, kecamatan Sumedang Selatan yang sebelumnya sering digunakan sebagai tempat olahraga paralayang. Walau tempatnya lebih jauh dari kota Sumedang, namun medannya sangat bagus untuk dijadikan tempat olahraga dirgantara seperti paralayang. Di sini pencinta olahraga dirgantara bisa melayang di udara sejauh 45 km dengan durasi sampai tiga jam. Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” tanggal 29 September sampai 4 Oktober 2013 lalu. Kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia.Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang di Turki.Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.Kawasan Batu Dua tak jauh dari situs Prabu Tadjimalela di Gunung Lingga. Untuk naik ke Batu Dua yang kini menjadi objek wisata dan dikelola kelompok pemuda disana bisa ditempuh dengan naik motor atau mobil tapi jangan sedan. Kendaraan masuk di pertigaan Corenda, Desa Linggjaya dan menyusuri jalan desa yang sudah beraspal.Tapi di beberapa titik banyak jalan yang rusak. Jalan beraspal hanya sampai ke blok Panurasam yang bakal menjadi daerah translok korban bencana Ciangsi dan saat ini sedang dibangun. Dari kawasan ini, jalan menanjak tajam dan berkelok mengkikuti kontur tanah dengan landasan yang sudah diperkeras dengan batu. Pemandangan ditawarkan di kawasan yang memiliki ketinggian 900 meter dpl ini. Di daerah ini juga banyak berjejer warung sampai ke Batu Dua.

Sebagai lokasi terbaik untuk aktivitas Paralayang, kawasan Batu Dua menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Sumedang.Kawasan Batu Dua sangat cocok untuk wisatawan minat khusus yang hobi berpetualang dan menikmati keindahan alam lepas.

oleh Eriek Nurhikmat



Objek Wisata Lainnya