Kebun Raya Kuningan

09-06-2017 Kabupaten Kuningan 25141 baca

Print


Pembangunan Kebun Raya Kuningan merupakan bentuk implementasi atas usulan Kementrian Lingkungan Hidup dan Agenda 21, agar di setiap daerah membangun paling tidak satu kebun raya. Hal ini rupanya sejalan dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Kuningan, yakni pembangunan yang berwawasan lingkungan. Dalam upaya pengimplementasiannya, pembangunan kawasan ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Kuningan terletak di Desa Gandamekar, Kabupaten Kuningan bagian utara, Provinsi Jawa Barat.
Geografis
Kebun Raya Kuningan dikembangkan untuk meminimalisir degradasi sumber daya alam yang banyak tergerus oleh pembangunan. Kebun Raya Kuningan memiliki luas area sekitar 175 Ha, serta terbagi ke dalam sembilan zonasi. Topografi Kebun Raya Kuningan dari mulai berbukit-bukit, dengan ketinggian 490-870 mdpl, hamparan batuan vulkanik dan tepian aliran air yang terjal. Kebun Raya Kuningan memiliki sumber air yang berasal dari sungai Cipari di bagian selatan Kebun Raya Kuningan dan di daerah cekungan bagian tengah kawasan terdapat danau atau yang disebut dengan Situ, yakni Situ Cibuntu.
Sejarah Pembangunan
Inisiasi pembangunan kawasan Kebun Raya Kuningan dimulai sejak tahun 2005 dan sampai saat ini telah berjalan selama 8 tahun. Proses pembangunan Kebun Raya Kuningan dari tahun ke tahun terus meningkat, baik peningkatan dalam pengadaan infrastruktur seperti pembangunan gedung pengelola, sarana jalan kendaraan, jalan trek, dan sarana pengairan, kemudian manajemen pengkonservasian seperti pengelolaan pembibitan, tanaman koleksi, pendataan dan peregistrasian tanaman koleksi , dan peningkatan jumlah tanaman pembibitan dan koleksi, maupun peningkatan sumber daya manusianya yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan-pelatihan.
Wisata Berbasis Alam
Adapun Kebun Raya Kuningan tidak dibangun dengan sekadar penanaman pohon semata, namun juga digungsikan sebagai wisata alam yang berbasis ekowisata. Jumlah koleksi vegetasi yang telah tertanam di Kebun Raya ada 250 jenis, 8.540 spesimen serta jumlah tanaman di pembibitan 345 jenis dan 16.937 spesime. Beberapa jenis tumbuhan yang dikembangkan antara lain Pohon Jamblang, Lengkeng, Kedoya, Pangsor, Aren, Durian, Kenari, Cengkih dan Lame. Di dalam kebun raya ini juga terdapat fasilitas taman yang dirancang tematik seperti Taman Awi dan Taman Bebatuan.
Kebun Raya Kuningan merupakan taman rekreasi alam sekaligus lokus ilmiah bagi para wisatawan maupun masyarakat di sekitarnya. Adapun aksesibilitas menuju kawasan Kebun Raya Kuningan dapat dicapai dan dilewati melalui jalur Ciracas-Padabeunghar.
sumber : Nur Hidayat



Objek Wisata Lainnya