Makam Tanjung Malaya

30-01-2012 Kabupaten Tasikmalaya 26170 baca

Print


Kompleks makam secara administratif terletak di Kampung Sukasirna. Secara astronomis terletak pada koordinat 108º18’08’’ BT dan 07º21’19’’ LS. Kompleks makam ini merupakan kompleks makam para Bupati Sukapura/Tasikmalaya beserta kerabatnya.  Di komkpleks ini terdapat 5 kelompok, yaitu 3 kelompok makam para bupati beserta kerabat dan 2 makam lainnya. Antara kelompok satu dan lainnya terdapat  pemisah berupa dinding penyekat. Pada bagian tengah kompleks makam terdapat tanah kosong. Kompleks makam menempati lahan yang relatif tidak rata. 
Kelompok pertama dari kompleks makam Tanjung Malaya terletak di sebelah selatan tanah kosong serta merupakan kelompok makam bupati dan para kerabat. Kelompok tersebut dibatasi dengan dinding dan pintu berupa gapura paduraksa yang dilengkapi dengan pos jaga. Bagian kompleks makam ini membukit dengan bagian tertinggi terletak di bagian selatan. Terdapat cungkup dengan lantai berdenah huruf T dan beratap genting,  berisi makam para bupati dan kerabat. Bupati-bupati yang dimakamkan di tempat tersebut adalah Dalem Bintang, R.T.A. Wiratanubaya, R.T.A. Soenarja, R.A. Wiradadaha VIII, R.T.A. Prawira Adiningrat, dan R.T.A. Wira Adegdaha.  Deskripsi beberapa makam yang ada adalah sebagai berikut.
Makam Dalem Bintang ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat;  berukuran panjang 174 cm, lebar 65 cm, dan tinggi 9 cm. Nisan dari bahan semen; berukuran tinggi 47 cm, berbentuk dasar segi empat diikuti lengkung dan meruncing pada bagian puncaknya. 
Makam R.T.A. Wiratanubaya ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat; berukuran panjang 145 cm, lebar 54, dan tinggi 20 cm. Nisan dari bahan semen, berukuran tinggi 94 cm, berbentuk dasar segi empat diikuti bidang dengan yang melebar pada bagian atas,  dan pada bagian puncaknya terdapat tiga lengkung dengan lengkung tertinggi pada bagian tengah. 
R.T.A. Soenarja merupakan Bupati Tasikmalaya pada era setelah Kemerdekaan yang wafat pada tahun  1960. Makam R.T.A. Soenarja  ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat; berukuran panjang 143 cm, lebar 48 cm, dan tinggi 9 cm. Nisan dari bahan semen; berbentuk  segi empat, berukuran tinggi 56 cm.  
Makam R.A. Wiradadaha VIII  ditandai adanya jirat, nisan ganda, pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning, dan pada bagian selatan terdapat tungku bakar kemenyan. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat; berukuran panjang 150 cm, lebar 87 cm, dan tinggi 25 cm. Nisan dari bahan kayu; berukuran tinggi 96 cm, berbentuk dasar segi empat dengan variasi lengkung pada bagian kaki dan pada bagian puncak; 
Makam R.T.A. Prawira Adiningrat  ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan keramik putih; berdenah segi empat; berukuran panjang 140 cm, lebar 44 cm, dan tinggi 10 cm. Nisan dari bahan semen dengan bentuk yang berbeda. Nisan yang terletak di bagian utara berbentuk segi empat diikuti dengan lengkung pada bagian atas; berukuran tinggi 41 cm, lebar 30 cm, dan tebal 2 cm.  Nisan kedua yang terletak di bagian selatan berbentuk segi empat dan pada bagian atas berbentu segi tiga; berukuran tinggi 48 cm, lebar 38, dan tebal 2 cm.
Makam R.T.A. Soenarja  ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan marmer; berdenah segi empat dua teras; berukuran panjang 227 cm, lebar 115 cm, dan tinggi teras pertama 14 cm dan kedua 6 cm. Nisan dari bahan marmer; berbentuk  segi empat; berukuran tinggi 83 cm, lebar 48 cm, dan tebal 2 cm.  
a) Kelompok Makam Kedua
Kelompok makam kedua, terletak di sebelah barat tanah kosong terdapat kompleks makam Bupati Wiratanuningrat beserta keluarga. Bagian tersebut dibatasi dengan pagar keliling berupa tembok yang dilengkapi dengan pintu gapura bentar. Pada bagian ini terdapat 7 cungkup dan 27 makam. Makam Bupati Wiratanuningrat  ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat; berukuran panjang 123 cm dan lebar 60 cm. Nisan dari bahan semen; berbentuk  segi empat dengan puncak berbentuk mahkota; berukuran tinggi 65 cm, lebar 30 cm, dan tebal 2 cm.  
b) Kelompok Makam Ketiga
Kelompok makam ketiga terletak di sebelah utara tanah kosong terdapat kompleks makam Bupati R.A.A. Wiradiputra beserta keluarga. Bagian tersebut dibatasi dengan pagar keliling berupa tembok yang dilengkapi dengan pintu gapura bentar. Pada bagian ini terdapat 5 cungkup dan 16 makam. Makam Bupati R.A.A. Wiradiputra  ditandai adanya jirat, nisan ganda, dan pada bagian utara makam terdapat payung yang seluruh bagiannya berwarna kuning. Jirat dari bahan semen; berdenah segi empat terbagi menjadi tiga teras; berukuran panjang 200 cm, lebar 150 cm dan tinggi teras pertama 14 cm, teras kedua 28 cm, dan ketiga 42cm. Nisan dari bahan semen; berbentuk  segi empat; berukuran tinggi 50 cm, lebar 30 cm, dan tebal 10 cm.  
c) Kelompok Makam Keempat
Kelompok makam keempat terletak di sebelah barat kompleks makam  ketiga, berisi tokoh Pasunda yang merupakan ketrurunan dari Sulawesi Selatan, yaitu Daeng Kanuruhan Adiwinata. Bagian ini dibatasi dengan pagar keliling dan dilengkapi dengan pintu.
d) Kelompk Makam Kelima
Di samping keempat kelompok makam tersebut, di kompleks makam para bupati ini juga terdapat kelompok makam umum. Makam umum tersebut terletak pada sebelah timur kelompok makam yang pertama.     

Lokasi:  Kampung Sukasirna
Koordinat : 07º21’19’’ S, 108º18’08’’ E  
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -    
Informasi Lebih Lanjut: -

 



Objek Wisata Lainnya