Gereja Sidang Kristus

30-01-2012 Kota Sukabumi 21126 baca

Print


Gereja Sidang Kristus terletak di Jalan Masjid dan secara administratif masuk dalam wilayah Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole. Bangunan gereja ini terletak sekitar 100 m di sebelah utara Masjid Agung Sukabumi. Di sebelah barat dan sebelah timur terdapat dua ruas jalan, sedangkan di utara dan selatan gereja terdapat pemukiman. Secara astronomis terletak pada koordinat 06°55’13,8” LS dan 106°55’31,7 BT.
Gereja merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Nasrani. Agama ini dipeluk oleh sebagian besar para pendatang dari Eropa pada waktu itu. Untuk kebutuhan peribadatan tersebut, di Kota Sukabumi terdapat beberapa bangunan gereja. Salah satu dari gereja-gereja tersebut adalah Gereja Sidang Kristus. Gereja ini adalah tempat ibadah bagi pemeluk agama Kristen Protestan didirikan pada tahun 1911. Semula gereja ini bukan milik ordo Sidang Kristus. Pada masa Jepang (1942 – 1945) bangunan gereja ini difungsikan sebagai gudang oleh balatentara Jepang. Setelah penjajahan Jepang, Indonesia memasuki era kemerdekaan dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan. Semenjak Indonesia merdeka hingga sekarang, bangunan difungsikan lagi sebagai gereja bagi jemaat Gereja Sidang Kristus. Sekarang dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Gereja Sidang Kristus.
Gereja Sidang Kristus dilengkapi dengan halaman berpagar. Sebagian besar unsur bangunan gereja masih asli. Bangunan gereja menghadap ke selatan. Gereja dibangun pada dasar yang tinggi, dinding permanen yang masif, pintu dan jendela yang berukuran cukup besar. Pada bagian muka terdapat bangunan yang tinggi meruncing pada bagian puncaknya, dan pada bagian atas banguan ini terdapat jam berukuran cukup besar. Ruangan-ruangan yang ada di gereja tidak hanya ruang peribadatan, tetapi juga terdapat ruangan lain, seperti kantor. Sesuai dengan fungsinya, berbagai kegiatan keagamaan dilaksanakan di gereja ini.  Kegiatan lain yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan, seperti musik dan paduan suara dilakukan di gereja ini.

 
Lokasi:  Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi
Koordinat : 06°55’13,8” S, 106°55’31,7 E
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: 
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:
 

 



Objek Wisata Lainnya