Masjid Agung Sukabumi

30-01-2012 Kota Sukabumi 8584 baca


Masjid Agung Sukabumi secara administratif terletak di Jalan A.Yani dan masuk dalam wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole. Secara astronomis terletak pada koordinat 6°55’16” LS dan 106°55’30” BT. 

Di depan masjid terdapat alun-alun yang sekarang telah berubah fungsi sebagai taman, sedangkan di sebelah timur alun-alun terdapat bangunan-bangunan perkantoran, seperti Markas Polisi Resort (Mapolres) Sukabumi dan Kejakasaan Negeri Sukabumi. Di sebelah selatan terdapat Pendopo Kabupaten Sukabumi, sedang bagian barat dan utara berupa pemukiman dan perkantoran. Bangunan lain yang cukup penting di sekitar masjid adalah Gedung Telkom yang terletak di sebelah utara masjid. 
Bangunan masjid berupa bangunan permanen yang megah seluas sekitar 2000 m2. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Setidaknya telah mengalami  5 kali renovasi, yaitu tahun 1925, 1945, 1966, 1994, dan 2004. Renovasi-renovasi tersebut mengubah dan menambah unsur dan luas bangunan masjid. Bangunan masjid meliputi bangunan masjid yang terbagi menjadi bangunan dalam masjid dan serambi. Selain itu, masjid dilengkapi dengan menara, tempat wudu dan toilet, serta halaman yang cukup luas dengan permukaan dilapisi keramik.
Bangunan masjid ditandai adanya atap berbentuk kubah. Model atap seperti ini menjadi penanda yang paling umum bagi masjid-masjid di Indonesia. Model atap tertua yang bisa dirunut berdasarkan foto-foto lama adalah atap tradisional tumpang yang tinggi. Bentuk yang demikian di Tatar Sunda dikenal dengan istilah bale nyungcung. Sedang bangunan bagian bawah berupa bangunan dengan lantai tinggi serta adanya riang-tiang bergaya Eropa.
  
Lokasi:  Jalan A.Yani (masuk dalam wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi)
Koordinat : 6°55’16” S, 106°55’30” E
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: Tempat wudhu, toilet, serta halaman yang cukup luas dengan permukaan berlapis keramik.
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:
 

 



Objek Wisata Lainnya