Situs Batu Bergores Kutajaya

02-01-2012 Kabupaten Sukabumi 23712 baca

Print


Tinggalan budaya yang begitu banyak dikenal oleh masyarakat di Kutajaya adalah berupa Batu Bergores, bahkan lebih dikenal dengan sebutan ’Batu Bergores Kutajaya’, secara administratif terletak di Kampung Kutajaya, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug.  Kampung ini terletak di daerah perbukitan dengan permukaan bergelombang. Lokasi ini mudah dijangkau karena jalan beraspal sudah mencapai kampung ini. Kendaraan roda empat hanya sampai di pinggir jalan raya tersebut, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 100 m. Secara astronomis terletak pada koordinat 6°44’56” LS dan 106°46’04” BT. 
Batu bergores berada di tanah milik keluarga Haji Sukardi dan berada di cungkup  serta berpagar kawat berukuran 12,5 m x 5 m. Di sekeliling batu bergores terdapat pemukiman dan tanah terbuka yang dinafaatkan sebagai areal perkebunan oleh warga. Semula batu bergores terletak di lahan sebelahnya yang permukaannya lebih tinggi. Batu tersebut longsor dari tempat semula karena adanya penggalian. Di lokasi semula terdapat tinggalan kehidupan manusia masa lampau berupa menhir berukuran tinggi 118 cm dan beberapa makam keluarga Haji Sholeh.
Batu tersebut merupakan tinggalan manusia yang hidup pada masa prasejarah. Dinamai batu bergores karena adanya goresan-goresan pada permukaannya. Semula goresan terdapat pada permukaan batu bagian atas, sedangkan di tempat yang sekarang berada di sisi barat batu. Goresan-goresan yang terdapat pada batu tersebut berupa 5 mata tombak, bulatan-bulatan, tumpal serta garis-garis horizontal dan vertikal.
 
Lokasi:  Kampung Kutajaya, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug
Koordinat : 6°44’56” S, 106°46’04” E
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -
Informasi Lebih Lanjut: -
 

 



Objek Wisata Lainnya