Situs Tugu Gede

02-01-2012 Kabupaten Sukabumi 22616 baca

Print


Secara administratif situs Tugu Gede terletak di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak. Secara astronomis situs ini terletak pada koordinat 6°53’45” LS dan 106°30’34” BT. 
Area stus terletak di  lembah seluas 2 ha dengan permukaan tanahnya bergelombang. Sekitar situs masih terrdapat tanah yang difungsikan sebagai perladangan. Di samping itu, di sekitar situs tumbuh pepohonan bambu serta tanaman keras, seperti cengkih dan durian. Pemukiman terdekat berada di sebelah utara, yaitu Kampung Cengku. Di sebelah barat dan selatan situs terdapat lembah, sedangkan di sebelah barat terdapat Gunung Batu Layang.

Berdasarkan tinggalan budaya yang terdapat di situs ini, kemungkinan besar situs ini merupakan lokasi aktivitas semenjak masa prasejarah hingga ke masa yang kemudian. Hasil survei dan penggalian yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan keragaman jenis dan bentuk tinggalan budaya dari daerah ini. Identifilasi temuan menunjukkan adanya tinggalan berupa tembikar, keramik, benda logam, alat batu, dan monumen batu. Tembikar yang ada adalah pasu, periuk, cawan, cawan berkaki, tempayan, pedupaan, kendi, dan cobek. Keramik yang ada berupa mangkuk, guci, botol, piring, vas, dan cepuk. Benda logam berupa genta, bandul, dan kaki wadah. Alat batu yang ada berupa batu giling, lumpang batu, pipisan, mata tumbak, beliung, dan alat serut. Sedang monumen batu yang ada berupa batu jolang, dolmen, dan menhir. Salah satu menhir yang paling besar adalah menhir yang berukuran tinggi sekitar 4 m. 

Lokasi:  Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak
Koordinat : 6°53’45” S,  106°30’34” E
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -
Informasi Lebih Lanjut: -
 

 

 



Objek Wisata Lainnya