Genjring Akrobat

05-08-2011 Kabupaten Cirebon 24475 baca

Print


Luangkan waktu Anda dan nikmati salah satu kesenian khas Cirebon ini. Genjring Akrobat merupakan gabungan dari kesenian genjring ketiping dengan kesenian debus. Pada awalnya, kesenian ini merupakan media untuk menyebarkan ajaran agama Islam.
Syairan shalawat menjadi tema utama yang dilantunkan secara rampak dengan diiringi tabuhan rebana tanpa tarian dalam kesenian ini. Oleh masyarakat lokal, tabuhan rebana ini disebut genjring. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk mendekati bunyi rebana yang mirip bunyi “jring”, orang bilang “genjringan” – sebuah fakta yang menarik. Seperti halnya kesenian Islam lain, kesenian ini  menggunakan dasar  dari kitab Al-Berjanji, yang berisi puji-pujian kepada Nabi Muhammad.
Anda akan dihibur melalui iringan musik yang berasal dari instrumen genjring, dogdog, dan gong. Selain itu juga ditampilkan tarian-tarian serta pertunjukan ketangkasan dan akrobat yang sarat dengan unsur magis dan hiburan untuk melengkapi paket hiburan ini secara keseluruhan.
Pada dasarnya, kesenian ini menampilkan atraksi pemain yang didominasi oleh perempuan. Salah satu keunikan dari permainan ini adalah para pelaku akrobat itu tidak dilengkapi dengan alat pengaman – cukup untuk membuat debar jantung Anda berdegup kencang ketika menontonnya.
Lokasi:  
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: 
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:
 



Objek Wisata Lainnya