Bangreng

05-08-2011 Kabupaten Sumedang 24480 baca

Print


Nikmatilah pertunjukan Seni Bangreng selama kunjungan Anda di Sumedang. Tari ini merupakan pengembangan dari seni "Terbang" dan "Ronggeng", yang menggunakan Terbang (semacam rebana tetapi besarnya tiga kali lipat dari alat rebana). Seni ini dimainkan oleh lima pemain dan dua orang penabuh gendang ukuran besar dan kecil. Sedangkan Ronggeng adalah juru kawih merangkap penari wanita dalam ketuk tilu dengan tarian dan nyanyiannya dalam melayani tarian pria yang menghadapinya
Seni Terbang muncul pertama kali pada waktu penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Wangsa Kusumah, yang mana seni Terbang dijadikan sebagai media dawah. Sedangkan Ronggeng adalah sebutan bagi si penari sekaligus penyanyi atau disebut pula Nyi Ronggeng. Karena sebutan "Nyi" itu, maka ronggeng diperankan oleh seorang perempuan.
Menurut penuturan para ahli seni (seniman), seni Bangreng ini biasa dipertunjukkan pada acara-acara hiburan dan acara khusus seperti ruatan rumah, mendirikan bangunan baru, dan syukuran-syukuran lainnya.
Lokasi:  -
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -    
Informasi Lebih Lanjut: -

 



Objek Wisata Lainnya