Wisata Pengobatan Cimande

18-08-2011 Kabupaten Bogor 24498 baca

Print


“Ciri Iman Anu Hade” adalah sebuah ungkapan yang sangat luhur,  yang secara bahasa dapat diartikan “sebuah ciri keimanan yang baik”. Cimande senantiasa menekankan kepada semua masyarakatnya untuk memiliki sebuah keyakinan dan sifat-sifat yang baik, baik dalam hubungan dengan tuhan, manusia maupun lingkungan. Mungkin itu salah satu pesan moral yang ingin disampaikan oleh Masyarakat Adat Cimande yang secara umum hidup dalam balutan nilai-nilai keagamaan yang kuat. Jika saat ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan dan kesejukan udara Puncak, ada baiknya saat ini kita perlu sedikit melirik daerah tetangganya yaitu Cimande. Cimande adalah sebuah daerah adat dimana masyarakatnya masih memegang kuat budaya dan kearifan lokal peninggalan leluhur mereka.
Di salah satu desa di sini, yaitu Desa Tarikolot, ada tempat pengobatan tradisional patah tulang. Banyak orang yang mengalami patah tulang berobat ke sini. Di sana hampir 60 penduduknya pandai mengurut secara turun temurun.
Beberapa potensi yang dimiliki oleh Cimande sebagai modal dasar pengembangan wisata minat khusus antara lain sejarah masyarakat Cimande, upacara-upacara (penerimaan tamu, memandikan pusaka, dll), ritual-ritual (Ngabungbang, ziarah makam), benda-benda peninggalan sejarah seperti senjata-sejata, prasasti, peralatan rumah tangga, peralatan musik,  makam keramat serta hasil dari ide-ide dan gagasan seperti kitab, dll, kesenian tradisional pencak silat, ilmu pengobatan serta obat tradisional Cimande, padepokan dan tempat-tempat bersejarah lainnya, sistem organisasi kemasyarakatan,  dokumentasi sejarah seperti buku-buku sejarah perjalanan hidup leluhur, lagu-lagu, gambar-gambar, dll, lokasi-lokasi bersejarah seperti makam keramat yang dijadikan sebagai tempat berziarah, padepokan adat, tempat semedi atau bertafaqur, dll, perwujudan Taleq Cimande dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat adat Cimande.

Lokasi: Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor
Koordinat : 6 42' 24" S, 106 50' 42" E
Telepon:
Email:
Internet:
Arah: dari Jakarta, setelah keluar tol Ciawi bisa melalui jalan raya Sukabumi, melewati Kecamatan Cijeruk lalu sampai ke Kecamatan Caringin
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:

 



Objek Wisata Lainnya