Burokan

09-08-2011 Kabupaten Cirebon 24496 baca

Print


 

Berdasarkan tuturan para senimannya, kemunculan Burokan berawal sekitar tahun 1934. Adalah seorang penduduk desa Kalimaro, Kecamatan Babakan, bernama Kalil yang membuat sebuah kreasi baru seni Badawang (boneka-boneka berukuran besar), yaitu berupa Kuda Terbang Buroq. Konon penciptaan ini diilhami tentang perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhamad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dengan menunggang hewan kuda bersayap yang disebut Buroq. 
Musik pengiring Burokan biasanya terdiri dari tiga buah dogdog (besar, sedang, kecil), empat buah genjring, simbal, organ, gitar, gitar melodi, kromong, suling, dan kecrek. Di dalam pertunjukan ini, alat musik tersebut berfungsi sebagai pengiring tarian dan juga nyanyian. Adapun penyanyinya bisa terdiri dari pria dan wanita. Mereka bernyanyi bersama atau bergiliran tergantung dari karakter lagu yang dibawakan.
Anda akan dapat melihat dan mempelajari perlengkapan pertunjukan burokan ini yang terdiri dari sepasang boneka buroq yang biasanya dimainkan oleh empat orang (dua di depan dan dua dibelakang), beberapa boneka (badawang) berbentuk binatang yaitu Gajah, Kera, Macan, Kuda, serta kadangkala ditambah dengan Badut yang memakai kostum lucu.
Makna yang tersembunyi di balik pertunjukan Burokan ini antara lain: Pertama, sebagai tanda syukuran dari orang yang menanggap, karena
Burokan dianggap sebagai seni pertunjukan rakyat yang Islami; Kedua, makna sinkretis bagi yang melihatnya dari tradisi Badawang (boneka-boneka yang ada muncul dari cara berfikir mistis totemistik yang berasal dari hubungan arkaistik sebelum Islam sebagai agama dominan di Cirebon); Ketiga, makna akulturasi bagi benda yang bernama Buroq dari daerah Timur Tengah yang kisahnya terkait dengan Isra Mi'raj Nabi Muhamad SAW. Keempat, makna universal karena sosok hewan seperti Buroq, dapat ditemukan di dalam mitos-mitos bangsa tertentu, misalnya di Yunani, yakni Centaur yang di dalam dunia perbintangan dikenal sebagai rasi Sagitarius. Di Mesir, jenis mahluk yang hampir sama adalah Sphinx.
Lokasi:  Desa Pakusamben, Kecamatan Babakan
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: 
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:
 

 



Objek Wisata Lainnya