Kawah Putih

28-04-2016 Kabupaten Bandung 21958 baca

Print


Di ketinggian Gunung Patuha, tersembunyi keindahan bekas kawah tua yang unik. Bau belerang akan menyambut Anda begitu tiba di tebing kawah, menjadi sajian yang tidak terpisahan ketika mengagumi kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi oleh pasir putih serta riak air dalam kawah yang bertabur asap tipis serta sesekali letupan lumpur hidup, menjadikannya sebuah atraksi alam yang tiada duanya. Sebagai tambahan, warna air Kawah Putih selalu berubah-ubah bila terkena sinar matahari.
Pertama kali terungkap pada tahun 1837 oleh seorang ilmuwan asal Belanda yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghun, danau di ketinggian 2194 m dpl dengan suhu sekitar 15-22 derajat Celcius ini sangat memesona. Karena keunikannya itu, Kawah Putih menjadi objek wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, serta latar belakang favorit bagi para fotografer dan sineas film.
Secara geologis, Kawah Putih terbentuk dari aktifitas letusan Gunung Patuha yang terjadi di abad ke-XII. Nama Patuha sendiri berasal dari nama awal gunung ini, Gunung Sepuh (Bahasa Sunda untuk ‘tua’).

Alamat:
Koordinat : 07º 10.021′ S, 107º 24.279′ E
Telepon: (021) 5721282 ext 1131 (Kantor Direksi Perhutani
Jl. Gatot Subroto Senayan, Jakarta Pusat)
Email:
Internet:
Arah: 44 km arah selatan Kota Bandung melalui Soreang, Ciwidey dan Cimanggu
Fasilitas: areal pelataran parkir yang luas dan aman, kios makan
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut



Objek Wisata Lainnya