Museum Zoologi

15-12-2011 Kota Bogor 21129 baca

Print


Museum zoologi Bogor didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus 1894. Museum Zoologi Bogor mulanya hanyalah sebuah laboratorium kecil di sudut Kebun Raya Bogor (dulu bernama Lands Plantentuin). Ketika didirikan pada 1894, laboratorium ini diawaki segelintir ilmuwan yang ditugasi meneliti hama serangga pada tanaman. Tetapi kemudian MZB berevolusi menjadi lembaga kelas dunia.
 
Museum ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia yang memiliki ruang seluas 1.500 m2. Koleksi yang ada dalam museum ini hanyalah sebagian kecil dari koleksi ilmiah spesimen binatang yang disimpan di bidang zoologi yang terletak di cibinong Science Centre. Museum Zoologi ini terletak di Jalan Ir Juanda Kota Bogor berada di sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Raya Bogor.
 
selain tempat wisata, tempat ini dijadikan tempat belajar dimana didalamnya terdapat fosil hewan-hewan langka atau sudah punah, di antaranya kerangka dinosaurus yang sudah membatu, 10.000 jenis serangga yang telah di awetkan,600 jenis reptil dan ikan, 650 jenis mamalia, 1100 jenis unggas dan 700 jenis invertebrata lainnya yang tentunya sudah punah tetapi diawetkan agar masyarakat pada umumnya dan pelajar khususnya mengetahui hewan-hewan pada zaman dulu yang ukuranya pun relatif besar. Intinya, tempat ini sangat menarik dan bermanfaat untuk dijadikan tempat wisata dan juga sebagai sarana ilmu pengetahuan.
 
Museum seluas 1.500 m2 ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia. Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru "balanoptera musculus" terbesar di Indonesia.
 

Lokasi: Kebun Raya Bogor
Koordinat : 6° 36' 14" S, 106° 47' 50" E
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  Jalan Ir Juanda Kota Bogor, ada di sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Raya Bogor
Fasilitas: - 
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -
Informasi Lebih Lanjut: -
 

 



Objek Wisata Lainnya