Kawah Papandayan

23-08-2011 Kabupaten Garut 24806 baca

Print


Objek wisata yang berlokasi di Garut ini termasuk objek wisata alam cukup terkenal, terutama bagi mereka yang punya hobi mendaki gunung, baik yang tinggal di kawasan Provinsi Jawa Barat maupun di luar Provinsi Jawa Barat. Letak objek wisata ini pun terbilang sangat mudah ditempuh melalui transportasi darat selama hampir kurang lebih 2,5 s.d. 3 jam.
Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, rekor pertama meletus pada bulan Agustus 1772 yang memuntahkan berkubik-kubik material alam sejauh satu kilometer ke udara, dengan menelan korban sebanyak 3.000 orang dan menimbun 40 desa disekitarnya.
Kawah Mas merupakan kawah yang terletak di tengah Gunung Papandayan  dengan lebar sekitar 150 meter. Banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini untuk melihat fenomena kawah yang sangat unik dan menarik, gemuruh suara kawah yang seperti suara kapal mesin jet, serta semburan asap tebal dari dalam kawah semakin menambah keterpukauan wisatawan akan fenomena alam yang jarang ditemui ini.
Papandayan dapat dicapai dengan mudah dari arah Kota Garut ke arah Selatan dalam hitungan 30 menit, melalui Samarang ke arah Cisurupan. Dipertigaan Cisurupan, belok kanan menyusuri jalan desa dengan aspal bagus yg terus mendaki ke ketinggian 2300m dpl ke Cagar Alam Papandayan dengan jalannya yang berkelok-kelok dengan pemandangan kebun kentang dan hutan pinus yang indah.
Memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki bagi para wisatawan yang akan menuju ketengah kawah gunung ini dari area tempat parkir kendaraan.  Di puncaknya kita dapat melihat pemandangan sekitar gunung yang indah yang berpadu dengan kepulan asap belerang yang menyembur dari dasar perut bumi.

Lokasi:  
Koordinat : 7 18' 24" S, 107 42' 50" E
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: Camping area, Toilet, Kios Makanan, Mushola
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:    
Informasi Lebih Lanjut:

 



Objek Wisata Lainnya