Cador

12-12-2011 Kabupaten Sukabumi 23316 baca

Print


 

Cador adalah salah satu jenis Teater Komedi Rakyat di Tatar Sunda. Teater ini disajikan sebagai selingan pada pagelaran Pencak Silat. Agar penonton tidak merasa tegang ketika menyaksikan Pencak Silat, maka disuguhkanlah Bodoran-bodoran. Dengan demikian, lahirlah jenis teater yang disebut dengan Cador (kepanjangan dari Pencak dan Bodor).
Waditra yang dipergunakan dalam kesenian ini merupakan perkembangan dari Seni Pencak Silat yang ada. Selain seperangkat tabuhan yang biasa digunakan pada Kendang Penca, yaitu Kendang Indung dengan dua Kulanter atau lebih, Kendang Anak dengan dua Kulanter atau Iebih, Tarompet dan Kempul Penca. Selain itu ditambah pula Accordion atau Keyboard dan Bedug.
Anda akan tertawa mendengar cerita jenaka yang diselipkan seperti pada Teater Longser. Adapun Goong dan Kendang berfungsi sebagai pemberi aksentuasi (penekanan) pada adegan-adegan yang menonjol, terutama bila pemain Bodor menunjukkan gerakan yang menonjol, seperti memukul, berlarian, jatuh dan sebagainya. Apabila ada adegan yang jenaka maka Tarompet Penca juga mengiringinya. Sebuah pertunjukan yang betul-betul lucu dan menghibur yang bisa membuat kunjungan Anda di Sukabumi berkesan.
 
Lokasi:  -
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah:  -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -
Informasi Lebih Lanjut: -
 

 



Objek Wisata Lainnya