Kacapi Kohkol

18-05-2011 Kabupaten Bandung 19965 baca

Print


Kacapi Kohkol merupakan perpaduan antara Pirigan Kecapi Sitter, Kohkol Bambu, atau Kohkol Kayu. Pemain Kecapi dapat memperagakan permainannya seperti memegang Gitar, sambil berdiri atau bahkan sambil telentang, berjongkok atau nungging. Begitu pula dengan pemain Kohkol, bermain sambil berdiri, bergerak seolah-olah sedang menari sambil tak henti-hentinya bernyanyi.
Laras yang dipergunakannya yaitu Salendro, Pelog dan Rorog serta beberapa buah lagu yang bertangga nada Doatonis seperti Es Lilin, Sorban Palid, Hariring Kuring, Panon Hideung dsb. Syair lagunya humoristis yang juga merupakan selingan dari lawakan. Dialog antara pemain Kecapi dengan pemain Kohkol dibawakan secara jenaka dengan mimik yang lucu dan jenaka.
Percakapan yang dibawakan merupakan peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan walaupun hanya diperankan oleh dua orang, tetapi mereka dapat menyajikan lawakan dan lakon cerita. Lakon yang dibawakannya seperti Lakon Juragan dan Pelayan, Dokter dan Pasien, akan tetapi disajikannya sambil bernyanyi dan jenaka yang membuat para penonton tertawa terbahak-bahak.
Kecapi Kohkol berawal dari keisengan warga kampun ketika sedang melakukan Siskamling (Ronda Malam), maka untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa kantuk mereka menghibur diri.
Alamat: Kabupaten Bandung
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:



Objek Wisata Lainnya