Gagalan Panji – Simbol

12-12-2011 Kabupaten Cirebon 26129 baca

Print


 Para dalang topeng tidak bisa mulai manji jika lagu kratagan belum ditabuh. Hal ini sangat terkait dengan apa yang dikatakan mereka, bahwa tari topeng Panji dianggap sebagai ikon bayi lahir. Oleh karena itu amatlah logis jika gagalan dianggap sebagai proses dari awal kelahiran. Topeng Panji adalah simbol sangkan paraning dumadi, asal lan terusing dumadi. Asal dan berlanjutnya kehidupan.

Sukarta, dalang wayang dari Bongas, Majalengka, menggambarkan tentang Panji sebagai berikut:
Sadurunge Risang Panji tumandang, iku diwiwiti swaraning tabuhan ingkang gumerah sasanteré. Wanda ambreg oranana kang kari sepisan. Jreng! Sagetakan kang mawa swara angbata rubuh, yaiku sasmitané kekarepan, antara „yu‟ lan „ya‟. Ing kono, Risang Panji ana ing telenging rasa, aran Risang Sukma Manglayang. Mangka irama ing tabuhan ana alon ana kenceng, iku sasmitaning papadon ing sakloran, wong loro. Ing kono Risang Panji aran Risang Sukma Maya, mangka swaraning tabuhan mandeg taya alon lan pungkasané lirén rep babar pisan, kang ana mung swarané swasana panggung. Ing kono Risang Panji aran Risang Manikem. Artiné tepunging mani sakloran. Banyu kang aran Tirta Marta Mahadi, utawa Tirta Maya Kamandanu (banyu urip, kang éndah ora kena kinayangapa). Ning kono Risang Sukma Maya manggon ing kraton agung sangang wulan lawase.
Sebelum Risang Panji menari, diawali suara tabuhan yang sangat bergemuruh amat keras. Semua ditabuh tidak ada yang tertinggal satu pun. Jreng! Serempak seperti suara tembok runtuh, itu adalah perlambang keinginan antara yu (suami) dan ya (istri). Di sana, Risang Panji ada di tengah-tengah rasa namanya Risang Sukma Manglayang. Itulah sebabnya mengapa irama gamelan kadang-kadang pelan kadang-kadang cepat. Itu perlambang perpaduan antara dua insan. Di sana Risang Panji bernama Risang Sukma Maya. Itulah sebabnya suara gamelan berhenti tanpa irama lambat dan akhirnya berhenti sama asekali, yang ada hanya suasana di panggung. Di sana Risang Panji bernama Risang Manikem, artinya bertemunya air mani suami-istri. Air yang bernama Tirta Marta Mahadi, atau Tirta Maya Kamandanu (air hidup yang indahnya tak terlukiskan). Di sana Risang Sukma Maya diam di keraton agung (rahim) sembilan bulan lamanya.
Gagalan adalah paradoks ‗tiada‘ dan ‗ada‘, yakni alam kosong menjadi alam isi. Irama musik yang cepat (deder) dan tabuh yang bersamaan adalah simbol penyatuan dualistik (opisisi berlawanan). Dimensi dualistik adalah simbol bersatunya ‖laki-laki‖ dan ‖perempuan‖ (saresmi); terjalinnya rasa cinta suami-istri. Oleh sebab itu, pada bagian ini tidak pernah ada
senggak (semacam teriakan kecil yang bersahutan sesuai dengan irama musik). Ini layaknya dua insan yang tengah memadu kasih, jauh dari suasana ‖keterbukaan‖ dengan dunia sekelilingnya, yang terlihat hanyalah sibuknya tangan nayaga dan terdengarnya gelora suara musik itu. Senggak dan nglagon baru bisa dilakukan setelah gagalan selesai. Ini adalah gambaran hidup manusia Jawa atau Indonesia, bahwa sesuatu hal yang berhubungan dengan seksualitas itu bersifat tertutup, bahkan sakral.
Dalam ngertawara topeng Panji, terdapat kalimat égéré wong keraton. Siapa yang menggegerkan itu? Dialah bayi yang tadinya berada dalam keraton atau gua-garba (keraton = kandungan). Ia telah lahir ke dunia (diwalik sumpingé), dan sanak saudara si bayi tadi riang gembira, sukacita. Ngertawara (nyandra) itu simbol dari semua itu. Simbol kegembiraan dan kesukacitaan, karena seorang ibu yang menempuh proses melahirkan sebenarnya berada pada dua situasi yang kritis. Kedua-duanya (ibu dan bayi), atau salah satu dari itu, berada di ambang antara hidup atau mati. Itulah sebabnya mengapa ketika ibu dan bayinya selamat, orang di sekitarnya geger.


Objek Wisata Lainnya