Situ Bolang

20-03-2012 Kabupaten Indramayu 24495 baca

Print


Situ Bolang merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang mempunyai daya tarik tersendiri. Tempat tersebut terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung, 20 Km dari kota Indramayu. Wisata yang tersedia cukup beragam seperti memancing, area perkemahan dan rekreasi air. Situ Bolang juga memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan panorama pesawahan, ternak kambing, dan pohon Mangga yang tumbuh disekeliling Situ Bolang yang begitu menyajikan suasana nyaman. Situ Bolang juga terdapat warung makanan yang berdiri di pinggir danau sehingga menambah keindahan bila berkunjung ke situ bolang, danau situ bolang juga banyak terdapat ikan, bahkan banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekedar memancing.
Situ Bolang sebagai sebuah danau kini terus dikembangkan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Situ yang jaraknya hanya 10 km dari jalur pantura Jakarta-Cirebon ini memiliki prospek yang cukup menggembirakan, tidak saja bagi lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Desa Jatisura sebagai pengelola, tetapi juga bagi warga sekitar dan desa-desa tetangganya.
Situ Bolang yang memiliki luas area genangan air 6,25 hektare dan menampung air hujan sekitar 425.000 m3, selain dimanfaatkan airnya untuk keperluan pengairan sawah masyarakat desa sekitar dan budi daya ikan, kawasan Situ Bolang juga telah dikembangkan menjadi sebuah lokawisata alam pedesaan oleh LPM Desa Jatisura.
Meski dengan fasilitas seadanya, keindahan panorama alam dan kesejukan udara Situ Bolang pun dikembangkan menjadi sebuah lokawisata alam pedesaan oleh LPM Desa Jatisura. Ini dimulai dengan memperbaiki infrastruktur jalan menuju Situ Bolang secara bergotong royong oleh warga. Suasana alam pedesaan dengan latar belakang hamparan hutan jati dan pohon akasia milik Perum Perhutani di sekeliling Situ Bolang memang merupakan pemandangan yang sungguh indah sekaligus menyejukkan. Hal itu membuat kawasan tersebut cocok untuk dijadikan tempat bersantai.


Objek Wisata Lainnya