Stasiun Kereta Api Cimahi

23-12-2011 Kota Cimahi 24831 baca

Print


Pemerintah Kolonial Hindia Belanda membangun Stasiun Kereta Api di Cimahi ini berkaitan dengan upaya mempertahankan kekuasaan di daerah Bandung Cimahi. Sebagai sarana pengangkutan logistik militer dari Batavia ke Cimahi dan Bandung sekitarnya. Cimahi sejak tahun 1880-an direncanakan sebagai basis militer Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, sedangkan Bandung direncanakan sebagai Pusat Kota Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda.
Bangunan Stasiun Kereta Api Cimahi terletak di Jln. Stasiun, terletak pada posisi Latitude -6.885793 dan Longitude 107.536122, dengan ketiggian 765 m dpl. Untuk menuju ke Stasiun Kereta Api Cimahi dapat ditempuh dari pusat Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda ermpat berjarak ± 30 km ke arah barat dengan waktu tempuh ± 30 menit.
Bangunan dari masa kolonial sekitar 1886 ini memiliki arsitektur eropa (artdeco). Pintu masuk memiliki dua daun pintu terbuat dari kayu jati, dan pada bagian atasnya memiliki ventilasi yang dibentuk 1/2 lingkaran, ditutup dengan kaca patri dan memiliki tralis besi. Pada bagian tepian pintu dan ventilasi ini memiliki 3 profil jendela. Bentuk pintu dan ventilasi tersebut diikuti pada bagian jendela yang ada di samping kiri dan kanan pintu masuk. Pada bagian dinding bangunan antara bagian kaki dengan bagian badan dipisahkan dengan lis. Bagian kaki bangunan diberi warna gelap, sedangkan pada bagian badan diberi warna krem. Hanggar tempat penumpang menunggu diberi atap dengan konstruksi baja dan dari plat besi (seng).
Lokasi bangunan ini sangat strategis dan mudah dijangkau, sehingga bila dikembangkan sebagai salah objek daya tarik wisata bersama-sama dengan bangunan-bangunan berarsitektur eropa yang ada di Kota Cimahi dan Kota Bandung. Hal yang perlu disiapkan adalah saran jalan yang lebih baik dan pengaturan lalau lintas sehingga pengunjung atau wisatawan atau penikmat bangunan kolonial  di Kota Cimahi dan Kota Bandung dapat dengan leluasa dan tenang.
 
Lokasi:  Jalan Stasiun, Kota Cimahi

Koordinat : 6° 53' 9" S, 107° 32' 10" E
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  Untuk menuju ke Stasiun Kereta Api Cimahi dapat ditempuh dari pusat Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda ermpat berjarak ± 30 km ke arah barat dengan waktu tempuh ± 30 menit.
Fasilitas: 
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:
 

 



Objek Wisata Lainnya