Bekel

15-11-2011 Jawa Barat 24479 baca

Print


Permainan yang merupakan permainan keterampilan tangan dari seorang anak tidak hanya sekedar membutuhkan keterampilan tangan, tetapi juga dibutuhkan konsentrasi dan strategi untuk memainkan bola. Perlengkapan dari permainan ini adalah berupa biji dari kulit kerang atau kewuk dan sebuah bola.
Kerang yang dipersiapkan biasanya berjumlah 10 buah.  Dimulai dengan melempar bola itu dan memantul, dan ketika akan sebelum pantulan kedua kita harus sudah mengambil 1 buah kerang. Begitulah terus sampai habis dan dinamakan mi hiji dan selanjutnya harus mengambil dua-dua dinamakan mi dua dan terus sampai selanjutnya harus sepuluh buah di ambil dalam satu pantulan dan langsung di buang kembali untuk melanjutkan permainan selanjutnya. 
Bekel terbuat dari bahan kuningan berwarna kuning atau dari bahan timbal berwarna putih. Bekel berbentuk segi empat dengan rupa bidang yang berbeda. Bidang pet, bidang dengan cekungan kecil di tengah; bidang roh,berbentuk seperti parit; bidang klat, polos tanpa hiasan dan bidang es, bidang datar berhias dengan 5 buah titik. Jumlah minimal adalah 4 buah. Bola bekel, sebuah bola terbuat dari karet dan mempunyai besar seukuran bola pingpong, Jumlah pemain bekel dapat mencapai 4 orang yang biasanya semuanya  anak perempuan. 
Mula-mula para pemain menentukan urutan pemain dengan cara hompimpah atau pingsut. Selanjutnya bekel dan bolanya berada di tangan kanan pemain. Keempat bekel digenggam dengan tiga jari, sementara bola dijepit oleh ibu jari dan jari tengah. Bola dilempar ke atas dijatuhkan ke lantai yang datar. Selama bola memantul di udara pemain berusaha mengatur bekel agar tampak bidang pet semuanya. Pemain melempar bola lagi dan kemudian mengambil satu persatu bekel. langkah selanjutnya pemain mengambil dua bekel dan seterusnya. Langkah tersebut petji, pet ro, pet lu, pet byuk. Hal yang sama juga dilakukan pada bidang yang lain. Pengambilan bekel tidak boleh menyentuh bekel lainnya atau bola menyentuh tanah dua kali dalam pengambilan bekel. Kondisi seperti ini disebut "mati" dan pemain lain mendapat giliran memainkan bekel. 
 

 



Objek Wisata Lainnya